Previous Next

Belajar Bahasa Turbo Basic

Posted by zonefreeze On - - 0 komentar


Assalamualaikum Wr. Wb.

Halo para readers yang bukan/memang pembaca setia blog ini (setau ane sih ini postingan pertama -__0) ! Perkenalkan nama saya Bayu Gustika a.k.a (^Bayu<=>GusGus^) (lucu ya namanya gan hehehe :P), from javanese(walaupun sebenarnya lahirnya bukan di Jogja tapi di Kebumen[Heehehe :P]), jangan salah sangka umur saya belum dewasa bahkan 15 tahun pun belum, umur saya lagi 13 tahun besok Agustus 2012 baru 14, truz besoknya lagi 15,16,17,18(gila umur gue cepet banget ya gan ?0__0).Saya biasanya nyebut diri saya kalo gak pake saya, ane, gue, atau aku(maklum masih pemula hehehe:p).Ini adalah postingan saya yang pertama, dan mohon maaf kalo masih banyak kekurangan, karena masih pemula gan, maklum!
OK! Langsung aja gan ke postingan pertama :
Bahasa Turbo Basic bukan bahasa pemograman terstruktur seperti bahasa Pascal
sehingga bahasa Turbo Basic adalah bahasa yang paling mudah digunakan.

Saat ini kita akan membuat program membuat link ke website tertentu dengan
melalui Turbo Basic, bisakah ? kita coba saja membuatnya, pertama-tama
jalankan file tb.exe dari DOS atau Windows (tau tb gak?(tb adalah singkatan dr turbo basic.exe) dan anda akan mendapat tampilan
seperti ini :
Langkah pertama, pilih Newpada file lalu pilih Edit untuk membuat program baru, lalu
ketikkan source code yang dibuat oleh penulis/the writer’s (Bayu GusGus) :
10
cls
print " Membuat link website dengan Bahasa Turbo Basic
print " 1. twitter
print " 2. google
print " 3. yahoo
print " 4. facebook
print " 5. exit
input " Ketikkan nomor atau nama situs yang ingin dikunjungi : " a$
if a$ = "1" then goto 110
if a$ = "twitter" then goto 110
if a$ = "2" then goto 120
if a$ = "google" then goto 120
if a$ = "3" then goto 130
if a$ = "yahoo" then goto 130
if a$ = "4" then goto 140
if a$ = "facebook" then goto 140
if a$ = "5" then goto 200
if a$ = "exit" then goto 200
100
print "Maaf perintah anda tidak dikenal atau situs yang anda cari tidak ada"
shell "pause"
goto 10
110
shell "c:"
shell "cd\progra~1\intern~1"
shell "iexplore http://www.twitter.com
goto 10
120
shell "c:"
shell "cd\progra~1\intern~1"
shell "iexplore http://www.google.com
goto 10
130
shell "c:"
shell "cd\progra~1\intern~1"
shell "iexplore http://www.yahoo.com
goto 10
140
shell "c:"
shell "cd\progra~1\intern~1"
shell "iexplore http://www.facebook.com
goto 10
150
goto 200
200
End

Jika sudah selesai maka compilelah program ini menjadi file EXE, caranya pilih
option lalu pilih Compile to lalu pilih EXE file seperti gambar dibawah ini :
Hasil dari compile File EXE ini bisa dijalankan langsung di DOS dan Windows.

Terima kasih sebesar2nya kepada Allah SWT karena masih memberiku kehidupan yang layak, dan kedua orang tuaku yang merawatku dari bayi hingga seGede ini, dan semua saudara2ku dan teman2ku yang selalu mendukungku.

Sekian postingan dari saya (^Bayu<=>GusGus^)

Categories:

Tinggalkan Komentar