Previous Next

Membuat Program Sederhana Menggunakan Borland C++ Builder

Posted by zonefreeze On - - 1 komentar

Teman – teman blogger, kali ini saya akan berbagi pengalaman yang saya dapatkan waktu SMA kelas 2.
Saat itu saya membuat sebuah Virus GANAS menggunakan program ****** C++ saya mempraktekkannya di salah satu LAB. Sekolah (karena LAB di sekolah q banyak). Namanya juga LAB anda bisa bayangkan aktifitas siswa yang praktek, biasanya siswa yang praktek selalu menggunakan FLASDISK sebagai media penyimpanan, secara otomatis VIRUS itu masuk kedalam FLASDISK, namanya juga FLASDISK tidak mungkin di gunakan di satu komputer tetap, lebih kurang dalam waktu 1 Minggu VIRUS itu sudah tersebar luas.
Singkat kata singkat cerita…..
Laptop saya sendiri pun kena VIRUS itu ( Senjata Makan Tuan :( ), saat itu saya menggunakan anti virus AVIRA (promosi dikit :) ), di Laptop saya terdeteksi 1.694 Virus (Gieeellla semua jenis VIRUS ada :) ) Akhirnya saya mengambil keputusan untuk menginstal ulang SO nya, yang lebih parahnya lagi, entah ada apa dan kenapa??? Laptop saya tidak bisa di instal menggunakan SO WIN XP, hanya bisa menggunakan LINUX UBUNTU dengan WIN VISTA, terpaksa saya menggunkan WIN VISTA dan itu adalah pertama kali saya menggunakan WIN VISTA.
Tapi kali ini saya tidak akan mengajarkan anda cara membuat virus, saya akan mengajarkan cara membuat PROGRAM ITUNG-ITUNGAN menggunakan program Borland C++.
Sebelumnya saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih Borland C++ Builder itu???
Borland C++ Builder adalah pemograman visual menggunakan bahasa yang sedikit lebih mudah dipahami menurut penulis dibandingkan penulisan penulisan bahasa C lainnya, sehingga bagi anda para programmer Visual Basic atau Delphi yang ingin pindah ke Borland C++ Bulder bukanlah hal yang terlalu sulit, apalagi sekarang sudah ada tool Dephi to C++ Builder yang dapat anda download di www.thinkershome.com semakin memudahkan programmer Delphi menggunakan C++ Builder..
di Borland C++ Builder karakter sourcenya sangat sensitif seperti huruf kecil dan besar dibedakan, sehingga dalam membuat program anda harus lebih teliti.

MEMBUAT PROGRAM ITUNG-TUNGAN

Pertama-tama bukalah program Borland C++ Builder anda, setelah itu pilih File > New lalu pilih Application yang ada pada kotak dialog New Items

Sekarang tinggal ikuti saja table dibawah ini :




Kalau udah bikin formnya sekarang tinggal bikin sourcenya aja, gimana caranya? Ikuti petunjuk dibawah ini :
Double klik pada Button tambah lalu masukkan source :

int x = StrToInt (Edit1 -> Text);
int y = StrToInt (Edit2 -> Text);
int hasil = x + y;
Label3 -> Caption = "Hasil X + Y :";
Edit3 -> Text = IntToStr(hasil);
Double klik pada Button Kurang lalu masukkan source :
int x = StrToInt (Edit1 -> Text);
int y = StrToInt (Edit2 -> Text);
int hasil = x - y;
Label3 -> Caption = "Hasil X - Y :";
Edit3 -> Text = IntToStr(hasil);
Double klik pada Button Bagi lalu masukkan source :
int x = StrToInt (Edit1 -> Text);
int y = StrToInt (Edit2 -> Text);
int hasil = x / y;
Label3 -> Caption = "Hasil X / Y :";
Edit3 -> Text = IntToStr(hasil);
Double klik pada Button Kali lalu masukkan source :
int x = StrToInt (Edit1 -> Text);
int y = StrToInt (Edit2 -> Text);
int hasil = x * y;
Label3 -> Caption = "Hasil X x Y :";
Edit3 -> Text = IntToStr(hasil);
Double klik pada Button Reset lalu masukkan source :
Edit1 -> Text = " ";
Edit2 -> Text = " ";
Edit3 -> Text = " ";
Double klik pada Button Exit lalu masukkan source :
Close();

Nah sekarang selesai deh programnya, tinggal disave lalu di Run lalu kalau mau
dicompile, ya compile aja. 

Categories:

One Response so far.

  1. Bundet says:

    Rekomendasi Artikel Terkait, lengkap

    Pranala --> DASAR BAHASA PEMROGRAMAN BORLAND C++

Tinggalkan Komentar